Top 10 Ballet

Ada banyak pertunjukan ballet, tapi di sini anda bisa lihat pertunjukan mana saja yang paling terkenal di dunia

1. Cinderella

Kebanyakan orang tau cerita Cinderella. Walaupun telah banyak versi cerita Cinderalla, tetapi Ballet Cinderella mengambil versi aslinya, yang ditulis oleh penulis Perancis Charles Perrault – tentang seorang gadis muda yang menemukan cinta dan kebahagiaan karena kebaikan hatinya.

2. Coppelia

Ballet Coppelia menceritakan tentang kisah sepasang kekasih: Franz dan Swanhilda. Ballet klasik ini, seperti The Nutcracker, merupakan pertunjukan Ballet yang menyenangkan dan ringan, cocok sebagai pengalaman Ballet pertama untuk anak-anak.

3. Don Quixote

Don Quixote pas de deux

Ballet bersejarah berdasarkan maha karya Miguel de Cervantes, Don Quixote merupakan sebuah cerita dinamis tentang cinta, petualangan, dan kehilangan. Pertunjukan Ballet Don Quixote ditutup dengan pas de deux yang paling terkenal di sepanjang sejarah Ballet, yaitu pas de deux oleh Kitri dan Basilio.

4. Giselle

Salah satu pertunjukan Ballet yang paling terkenal sepanjang masa, Giselle telah dipentaskan hampir di seluruh dunia. Ballet romantis ini sering dibawakan oleh ballerina-ballerina terbaik sebagai peran utamanya. Ballet-blanc dalam Ballet Giselle, atau sering disebut juga corps of women in white, telah menjadi simbol Ballet klasik.

5. La Bayadere

Cerita tentang cinta abadi, misteri, takdir, dendam, dan keadilan, Ballet La Bayadere merupakan suatu Ballet yang meriah. Karakter utamanya adalah seorang penari pura bernama Nikiya. Kata “bayadere” sendiri dalam bahasa Perancis berarti “penari pura India”. Nikiya jatuh cinta dengan seorang prajurit tampan, Solor, yang juga mencintainya. Tapi Nikiya juga dicintai oleh seseorang dari kasta tinggi.

6. La Sylphide

Ballet La Sylphide adalah salah satu pertunjukan Ballet tertua yang menceritakan tentang sebuah plot yang lucu. James, seorang pemuda Scotland, lari dari pesta pernikahannya sendiri untuk menari dengan impiannya di hutan. Cerita ini tidak memiliki happy ending, baik itu untuk James sendiri, atau impiannya, Sylphide yang cantik.

7. The Nutcracker

Untuk banyak orang di Barat, liburan belum terasa lengkap tanpa menghadiri pertunjukan Ballet The Nutcracker. Ballet The Nutcracker Ballet menceritakan tentang seorang gadis muda yang bermimpi tentang pangeran nutcracker dan pertempuran melawan Raja Tikus yang memiliki tujuh kepala.

8. Romeo and Juliet

Kisah cinta terhebat sepanjang masa, Ballet Romeo and Juliet mengambil cerita klasik dari Shakespeare. Prokofiev menyusun komposisi musik Ballet ini tahun 1935, dan musik dari Ballet Romeo and Juliet ini telah menginspirasi banyak koreografer untuk mencoba berkarya dari cerita Shakespeare tersebut.

9. Sleeping Beauty

Pertunjukan Ballet pertama yang sukses bagi komposer Tchaikovsky, Ballet Sleeping Beauty pertama ditonton oleh seorang anak 8 tahun yang sakit bernama Anna Pavlova. Setelah pertunjukkan berakhir, Anna memutuskan untuk menjadi ballerina.

10. Swan Lake

Sering disebut sebagai pelopor Ballet klasik, Ballet Swan Lake adalah kisah cinta, pengkhianatan, dan kemenangan kebaikan atas kejahatan. Odette, seorang gadis muda yang terkutuk oleh penyihir jahat menjadi seekor angsa di siang hari, dan manusia di malam hari. Odette adalah ratu dari semua angsa, dan yang paling cantik. Kutuk tersebut hanya bisa diangkat apabila ada seorang pria yang menyatakan cinta abadinya kepada Odette.