Baju Balet Remaja

Baju Balet Remaja dan produk baju balet lainnya merk BajuBallet.com. Nyaman dipakai dan awet. Model ekslusif, tidak ada di tempat lain.

Baju-Balet-Remaja

Baju Balet Remaja

Classwear

Yang dimaksud dengan Classwear adalah Baju Ballet yang dipakai waktu latihan di kelas. Dalam kategori ini ada leotard, skirts, pants, unitard dan tutu. Biasanya kategori ini tidak menggunakan banyak hiasan.

Performance Costumes

Performance Costumes adalah kostum yang dipakai untuk pentas, misalnya untuk pertunjukan Giselle. Kostum yang dimaksud biasanya disesuaikan dengan koreografi dan menggunakan banyak hiasan sehingga harganya juga mahal.

Kelebihan Produk BajuBallet.com

Menggunakan kain Nylon – Spandex yang lentur tapi awet
Kalau menggunakan cara mengukur yang benar, maka akan tampak seperti “second skin” sehingga guru Ballet bisa melihat apakah gerakan dan pose anda sudah benar
Sudah dipakai oleh murid-murid dari Sekolah Ballet Top di Indonesia sejak 2011
Design unik, tidak ada yang jual di tempat lain

Baju Balet Remaja Read More »

Model Baju Ballet

Model Baju Ballet memiliki banyak variasi. Tapi secara garis besar bisa dikelompokkan ke dalam 5 kategori berikut ini.

Model Baju Ballet Namanya Apa?

model-baju-ballet-2023

Nama-nama model dari pakaian untuk Ballet adalah sebagai berikut:

1. Leotard: melekat di badan mulai dari pundak sampai selangkangan. Variasinya terletak pada bentuk leher, tali pundak, bentuk lengan dan lubang untuk kaki. Leotard tidak sama dengan baju senam atau manset.

2. Wrap skirt: rok yang diikat ke pinggang dengan tali. Biasanya terbuat dari kain chiffon.

3. Basic Tutu: rok yang bentuknya seperti piring, terbuat dari kain tile kaku. Basic Tutu adalah salah satu Classwear yang paling banyak dicari.

4. Romantic Tutu: bentuknya seperti lonceng, panjangnya biasanya sampai di bawah lutut. Terbuat dari kain tile halus.

5. Costume: dipakai untuk pertunjukan. Biasanya menggunakan hiasan dan disesuaikan dengan koregrafinya. Contoh salah satu costume yang paling populer adalah Giselle.

Model Baju Ballet Read More »

Kostum Ballet Made in Indonesia

Cara mudah untuk memilih kostum Ballet made in Indonesia yang tepat untuk pertunjukan, kompetisi atau photoshoot bisa anda baca di post ini.

Cara Memilih Kostum Ballet

kostum-ballet
Ballerina Indonesia sekarang sudah bisa mendapatkan kostum untuk Ballet yang bagus buatan dalam negeri. Kualitasnya tidak kalah dengan kostum import tapi harga jauh lebih murah. Selain itu, untuk kostum yang custom order (dibuat sesuai pesanan) bisa lebih cepat selesai.
Meskipun demikian, sebaiknya anda berhati-hati supaya tidak salah pilih kostum

1. Ukur Tubuh dengan Cara yang Benar

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika memilih kostum untuk Ballet adalah menggunakan umur sebagai patokan untuk size (ukuran). Masalahnya adalah dua orang yang lahir pada tanggal dan jam yang sama pun belum tentu memiliki ukuran tubuh yang sama. Bisa saja yang satu lebih tinggi, atau yang satu lebih gemuk. Bahkan perbedaannya bisa jauh!

Kesalahan kedua adalah mengukur seperti mengukur baju biasa, yaitu dilebihkan beberapa cm dari ukuran badan yang sesungguhnya.

Karena bagian utama dari sebuah kostum adalah leotard yang menutupi badan (torso), maka cara mengukur kostum sebenarnya sama dengan cara mengukur Baju Ballet. Setelah mengetahui ukuran tersebut, mungkin hanya perlu ditambah ukuran panjang lengan atau panjang rok; tergantung design atau style dari kostum tersebut.

Dengan mengetahui ukuran tubuh anda yang sebenarnya, maka anda akan bisa tahu apakah suatu kostum cocok untuk anda atau tidak.

2. Cari Contoh Gambar yang Jelas

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai design kostum, asalkan sesuai dengan peran yang dibawakan penarinya. Contohnya untuk peran Giselle, kostumnya harus menggambarkan seorang gadis desa di Jerman pada abad XVI. Tidak ada aturan tentang warna dan design, tapi tentunya tidak mungkin seorang gadis desa menggunakan kostum yang banyak hiasan batu-batu gemerlap, bukan?

Bila anda ingin pesan kostum seperti Asian Doll, Paquita, La Bayadère, baju balet unicorn, dll sebaiknya anda cari dulu referensi gambarnya sebelum memesan. Anda bisa menggunakan internet sebagai sumber referensi.

Kalau anda memberikan gambar yang kurang jelas, hasilnya bisa mengecewakan karena apa yang anda lihat ternyata tidak sama dengan apa yang dilihat oleh pembuat kostum. Beberapa hal yang bisa menimbulkan perdebatan antara pembuat kostum untuk Ballet dengan anda adalah soal warna, posisi (penempatan) aksesoris dan fitting (bagaimana bentuk kostum tersebut saat dipakai).

Contoh gambar yang jelas juga penting untuk kostum ready to wear (siap pakai). Dengan gambar yang jelas, anda bisa mengetahui apakah detail dari kostum tersebut sesuai dengan keinginan anda. Anda juga bisa menilai sendiri apakah harganya sesuai dengan kualitas kostum tersebut.

3. Tentukan Dulu Budget Maksimal Anda

Biasanya design kostum bisa disesuaikan dengan budget yang anda sediakan. Bila budget anda masih di bawah harga normal suatu kostum, mungkin hiasannya bisa dikurangi supaya bisa sesuai kebutuhan tapi lebih murah. Atau sebaliknya bila anda punya budget lebih, anda bisa minta hiasannya ditambah supaya tampak lebih megah.

Jangan pernah menunjukkan gambar yang anda temukan kepada pembuat kostum lalu tanya berapa harga untuk membuat kostum seperti itu. Setelah dapat jawaban, baru anda pikirkan apakah jadi pesan atau tidak, tergantung keadaan keuangan anda. Hal tersebut tidak adil untuk pembuat kostum karena:

  • Pembuat kostum untuk Ballet harus membuat rancangan sederhana dulu untuk memperkirakan jenis kain yang dibutuhkan dan berapa banyak yang dibutuhkan, seperti apa konstruksi dari kostum tersebut dan apa yang harus disiapkan untuk membuat polanya, dll. Itu semua memerlukan waktu dan tenaga. Siapa yang memberikan kompensasi untuk itu semua bila anda tidak jadi pesan karena ternyata harganya di luar perkiraan anda ?
  • Pembuat kostum harus “survey” dulu untuk mencari kain yang sesuai dengan desain dan untuk itu dia mengeluarkan ongkos. Kalau ternyata anda tidak jadi pesan, siapa yang ganti ongkos tersebut?
  • Kain yang tersedia di pasaran tidak selalu sama. Bagaimana kalau tanpa melakukan “survey” si pembuat kostum sudah menentukan harga tapi ternyata yang tersedia di pasaran adalah kain yang harganya lebih mahal? Apakah anda bersedia untuk bayar tambahan? Lalu kalau anda tidak bersedia, apakah pesanan kostum tersebut harus dibatalkan?

Jadi sebaiknya anda tentukan dulu budget maksimal anda sebelum bertanya kepada pembuat kostum apakah budget anda cukup untuk membuat kostum yang anda inginkan. Dan, bila tidak cukup, apakah bisa dibuatkan kostum yang mirip tapi harganya sesuai budget anda.

Pembuat Kostum untuk Ballet yang Berpengalaman

BajuBallet.com sudah memproduksi sendiri Baju Ballet sejak tahun 2015. Produk-produk kami banyak dipakai di sekolah-sekolah Ballet ternama di seluruh Indonesia. Produk BajuBallet.com juga sudah dipakai di Singapore, Malaysia, Brunei, Australia dan Jepang. Sebagai contoh; semua gambar kostum dalam post ini adalah buatan BajuBallet.com.

Anda bisa pilih produk-produk BajuBallet.com yang lain, atau anda bisa juga pesan sesuai keingingan anda sendiri. Dan, seperti yang sudah kami rekomendasikan di atas, maka:

  1. Ukur dulu badan anda
  2. Berikan gambar yang jelas (depan dan belakang)
  3. Tentukan dulu budget maksimal anda

Kami akan lakukan yang terbaik untuk anda bila anda sudah mempersiapkan ketiga hal tersebut.

Kostum Ballet Made in Indonesia Read More »

error: Content is protected !!
Scroll to Top