Posted on

Kostum Ballet Made in Indonesia

Kostum-Ballet

Cara mudah untuk memilih kostum Ballet made in Indonesia yang tepat untuk pertunjukan, kompetisi atau photoshoot bisa anda baca di post ini.

Cara Memilih Kostum Ballet

Ballerina Indonesia sekarang sudah bisa mendapatkan kostum bagus buatan dalam negeri. Kualitasnya tidak kalah dengan kostum import tapi harga jauh lebih murah. Selain itu, untuk kostum yang custom order (dibuat sesuai pesanan) bisa lebih cepat selesai.

Meskipun demikian, sebaiknya tetap ikuti cara berikut ini supaya tidak salah pilih kostum

1. Ukur Tubuh dengan Cara yang Benar

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika memilih kostum Ballet adalah menggunakan umur sebagai patokan untuk size (ukuran). Dua orang yang lahir pada tanggal dan jam yang sama belum tentu memiliki ukuran tubuh yang sama. Bisa saja yang satu lebih tinggi, atau yang satu lebih gemuk. Bahkan perbedaannya bisa jauh!

Aurora
Kostum-Ballet-Pertunjukan-2
Giselle
Kitri

Kesalahan kedua adalah mengukur seperti mengukur baju biasa, yaitu dilebihkan beberapa cm dari ukuran badan yang sesungguhnya.

Karena bagian utama dari sebuah kostum adalah bagian yang menutupi badan (torso), maka cara mengukur kostum sebenarnya sama dengan cara mengukur Baju Ballet. Setelah mengetahui ukuran tersebut, mungkin hanya perlu ditambah ukuran panjang lengan atau panjang rok; tergantung design atau style dari kostum tersebut.

Dengan mengetahui ukuran tubuh anda yang sebenarnya, maka anda akan bisa tahu apakah suatu kostum cocok untuk anda atau tidak.

2. Contoh Gambar yang Jelas

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai design kostum, asalkan sesuai dengan peran yang dibawakan penarinya. Contohnya untuk peran Giselle, kostumnya harus menggambarkan seorang gadis desa di Jerman pada abad XVI. Tidak ada aturan tentang warna dan design, tapi tentunya tidak mungkin seorang gadis desa menggunakan kostum yang banyak hiasan batu-batu gemerlap, bukan?

Kostum Ballet Kompetisi 1
Kostum Ballet Kompetisi 2
Kostum Ballet Kompetisi 3

Ada banyak referensi yang bisa anda temukan di internet tentang kostum Giselle, contohnya seperti yang bisa anda lihat di sini. Tapi mungkin saja design dari kostum tersebut tidak sama dengan yang anda bayangkan. Karena itu bila anda ingin pesan kostum seperti Asian Doll, Paquita, La Bayadère, dll sebaiknya anda cari referensi gambarnya dulu sebelum memesan.

Contoh gambar yang jelas juga penting untuk kostum ready to wear (siap pakai). Dengan gambar yang jelas, anda bisa mengetahui apakah detail dari kostum tersebut sesuai dengan keinginan anda. Anda juga bisa menilai sendiri apakah harganya sesuai dengan kualitas kostum tersebut.

3. Tentukan Budget Maksimal Anda

Biasanya design kostum bisa disesuaikan dengan budget yang anda sediakan. Bila budget anda masih di bawah harga normal suatu kostum, mungkin hiasannya bisa dikurangi supaya bisa sesuai kebutuhan tapi lebih murah. Atau sebaliknya bila anda punya budget lebih, anda bisa minta hiasannya ditambah supaya tampak lebih megah.

4. Hubungi Pembuat Kostum Ballet yang Berpengalaman

Kostum Ballet Photoshoot Sasha

BajuBallet.com sudah memproduksi sendiri Baju Ballet sejak tahun 2015. Produk-produknya banyak dipakai di sekolah-sekolah Ballet ternama di seluruh Indonesia. Produk BajuBallet.com juga sudah dipakai di Singapore, Malaysia, Brunei, Australia dan Jepang.

Anda bisa pilih produk-produknya di sini, atau anda bisa juga pesan sesuai keingingan anda sendiri.