Posted on

Kostum Lomba Ballet

kostum-lomba-ballet

Empat hal penting dalam memilih kostum lomba Ballet; yaitu “konsep”, “bahan” & “konstruksi”. Baca dulu post ini sebelum memesan kostum lomba.

Catatan: Semua Ballerina dalam foto dan video di laman ini menggunakan kostum yang kami buat. 

Tip dalam Memilih Kostum Lomba Ballet

Shalama Qoulam Fadhilah
Shalama Qoulam Fadila; pemenang Gold Medal Malaysian International Ballet Grand Prix 2017. 

Tip yang bisa kami bagikan untuk anda yang sedang mencari kostum lomba Ballet adalah sebagai berikut:

1. Konsep Kostum Harus Sesuai dengan Koregrafi atau Tema Lomba Ballet

Pilih kostum yang desainnya sesuai dengan tokoh yang akan diperankan atau tema yang ditentukan oleh panitia/juri. Biasanya hal ini sudah diumumkan dari jauh sebelum hari perlombaan. Agar tidak salah, sebaiknya anda berdiskusi dulu dengan guru Ballet anda tentang seperti apa kostum lomba Ballet yang sesuai dengan koreografi atau tema lomba.

kostum-untuk-lomba-ballet
Soraya-Natashya-Dwinandry, Asian Grand Prix Hongkong 2017

Misalnya anda akan memerankan Giselle; seorang gadis desa yang jatuh cinta pada seorang pangeran. Sebaiknya anda pilih kostum yang menggambarkan pakaian gadis desa di Jerman pada zaman abad pertengahan. Rasanya aneh bukan, bila Giselle sebagai seorang gadis desa menggunakan kostum yang berkilau-kilauan seperti seorang putri?

2. Tentukan Anggaran Maksimal Anda

Banyak orang yang salah kaprah soal harga kostum lomba Ballet. Mereka pilih gambar yang mereka suka dari hasil internet browsing, lalu tanya berapa ongkos untuk membuatnya ke pembuat kostum.

Seharusnya justru anda tentukan dulu berapa anggaran maksimal anda, lalu tanya pembuat kostum apakah itu cukup untuk membuat kostum seperti contoh gambar yang anda punya.

Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Contoh yang anda tunjukkan itu bukan hasil karya dari pembuat kostum yang anda hubungi. Mereka tidak tahu persis jenis kain dan aksesoris yang digunakan. Pembuat kostum hanya bisa menebak berdasarkan apa yang dia lihat. Bagaimana kalau ongkos yang diminta pembuat kostum ternyata lebih besar daripada uang yang sudah anda bayarkan? Biasanya ini terjadi kalau si pembuat kostum tidak check harga dulu ke toko kain.
  • Apabila si pembuat kostum melakukan survey dulu, lalu membuat pola sesuai desain untuk mengetahui ongkosnya, tapi setelah dia menyebutkan harganya anda malah membatalkan pesanan karena uang anda tidak cukup, siapa yang bayar ongkos dan tenaga yang sudah dikeluarkan si pembuat kostum? Pembuat kostum yang professional pasti akan menghindari hal ini terjadi, karena itu mereka akan minta bayar di muka sebelum mereka mulai bekerja.
kostum-lomba-ballet
Neva Elena Partono; Judges Prize untuk kategori Ballet Solo 2 NaDWorC Indonesia 2016

Sebaliknya, bila pembuat kostum sudah tahu anggaran maksimal anda, dia bisa memperkirakan dengan lebih akurat jenis kain dan aksesoris apa yang bisa digunakan untuk membuat kostum yang semirip mungkin dengan yang anda minta. Bila anggaran anda kurang besar, mungkin dia bisa pakai kain yang lebih murah atau aksesorisnya dikurangi. Bila anggaran anda besar, mungkin hiasannya bisa ditambah.

Yang penting kostum tersebut memenuhi semua ketentuan yang harus dipenuhi untuk lomba Ballet yang anda ikuti. Jadi, misalnya anda harus pakai kostum Giselle. Kostum anda tidak banyak pakai renda dan pita karena anggaran anda tidak besar. Selama masih terlihat seperti pakaian gadis desa pada abad pertengahan di Jerman, maka anda bisa memakainya sebagai kostum lomba Ballet, bukan?

Apabila anda ingin punya dasar untuk memperkirakan berapa kira-kira anggaran yang anda butuhkan, anda bisa lihat kostum Giselle yang dibuat oleh BajuBallet.com. Dengan anggaran di bawah Rp 1.000.000,- maka yang bisa anda dapatkan adalah Giselle Style 1. Tapi bila anda punya anggaran lebih dari itu, anda bisa mendapatkan Giselle Style 2 yang menggunakan lebih banyak kain dan renda. Bila anda masih ingin yang lebih bagus lagi, maka hiasannya masih bisa ditambah.

3. Bahan Stretchy (Lentur) adalah Pilihan Terbaik

Kostum-Lomba-Ballet-Sasha-Kyana
(Kiri) Shalama Qoulam Fadila: First Place Junior B Category Dance Prix Indonesia 2017 (Kanan) Kyana Hasya Imara: Third Place Junior A Category Dance Prix Indonesia 2017

Kostum lomba Ballet harus pas dengan ukuran dan bentuk badan anda. Pilihlah kostum yang bagian torso-nya (badan) menggunakan bahan stretchy seperti cotton spandex, nylon spandex, velvet spandex, dll.

Untuk bagian skirt atau tutu, anda bisa pilih bahan kaku atau lembut asalkan tidak menghalangi gerakan anda.

4. Konstruksi yang Tepat Membuat Kostum Tampak Sempurna

Elfiera E. Ozora
Elfiera E. Ozora; Honorable Mention Junior B Category pada Dance Prix Indonesia 2016

Pernah lihat tutu yang terlalu lebar, atau yang bagian ujung-ujungnya menggantung lemas? Atau tutu yang terlalu tinggi sehingga bagian bokong leotard-nya terlihat? Itu adalah contoh-contoh tutu yang dibuat dengan konstruksi (spesifikasi dan teknik menjahit) yang salah. Biasanya kostum lomba Ballet yang seperti itu dibuat oleh penjahit yang bukan Ballerina, sehingga tidak bisa membayangkan akan tampak seperti apa kostum tersebut ketika dipakai menari.

Untuk memahami konstruksi yang tepat untuk kostum lomba Ballet, seorang pembuat kostum harus menguasai teknik garmen yang tinggi dan juga punya banyak pengalaman sebagai Ballerina atau setidak-tidaknya memang sangat menyukai Ballet (tahu semua cerita Top 10 Ballet, tahu nama-nama gerakan Ballet, dll)

Saran Kami: Pesan Kostum dari Pembuat Kostum yang juga Ballerina

Dwigdi Diksita
Dwigdi Diksita; 2nd Place Junior B Category pada Dance Prix Indonesia 2016

BajuBallet.com sudah berpengalaman dalam membuat kostum untuk para peserta lomba Ballet:

  • Dance Prix Indonesia 2016 & 2017
  • NaDWorC 2016
  • Malaysian International Ballet Grand Prix 2017
  • Asian Grand Prix 2015, 2016, 2017 (Hong Kong)
  • The Genee International Dance Competition 2015 (London)
  • dll (kadang Ballerina tidak memberi tahu kami lomba apa yang mereka ikuti dan kami tidak bertanya karena itu adalah urusan pribadi mereka)

Kami tahu apa yang dibutuhkan oleh Ballerina karena kami sendiri adalah Ballerina seperti anda! Hubungi kami dan kami akan menyiapkan kostum lomba Ballet yang terbaik untuk anda.

Cara Memesan Kostum di BajuBallet.com

Sebelum anda menghubungi kami, pastikan dulu anda sudah menyiapkan hal-hal berikut:

  1. Kirimkan foto referensi kostum yang ingin dibuat – tampak depan dan belakang, foto yang jelas dan tidak buram.
  2. Info quantity yang mau dibuat
  3. Info ukuran badan. (KLIK DI SINI untuk mengetahui cara mengukur Baju Ballet yang benar)
  4. Info budget utk pembuatan kostum tersebut (kami akan sesuaikan jenis kain/aksesoris sesuai budget anda. Makin besar budget, makin bagus kain/aksesorisnya)
  5. Info tanggal kostum tersebut perlu selesai

Disclaimer:

  1. Bila anda ingin kostum lomba Ballet yang sama persis seperti yang anda inginkan, harap berikan kami contoh kostumnya, bukan cuma gambar. Itu pun mungkin tidak bisa 100% sama kalau ada kain atau aksesoris yang sudah tidak ada di toko
  2. Warna kostum mungkin tidak 100% sama karena faktor resolusi layar, pencayaaan, dll