Memilih perlengkapan Ballet itu mudah! Ikuti saja 5 tips jitu berikut ini untuk memilih leotard, skirt, tights, shoes dan performance costume.

perlengkapan-ballet

Memilih Perlengkapan Ballet

Berikut ini cara memilih perlengkapan Ballet yang sesuai standard Ballet yang benar

Memilih Leotard

Leotard adalah perlengkapan Ballet yang utama. Leotard yang tepat adalah yang melekat sempurna; seolah-olah jadi “kulit kedua”. Tidak ada bagian yang tampak kendor atau berkerut, terutama di bagian pinggang, pundak, lubang lengan dan lubang kaki. Leotard yang tepat tidak akan terjepit di bokong. Tali pundaknya pun tidak mudah jatuh (lepas) dan bagian dada tidak terlalu rendah.

memilih-perlengkapan-ballet-leotard

Perlengkapan Ballet

Kami hanya menjual produk yang kualitasnya bagus.

Kalau anda mengalami salah satu dari keluhan di atas, maka kemungkinannya adalah anda pilih Leotard yang ukuran salah atau memang Leotard tersebut kualitasnya rendah. Leotard yang salah ukuran akan terlihat tidak pas di badan. Leotard yang kualitasnya rendah akan terasa kurang elastis dan tidak nyaman dipakai.

Karena ada banyak sekali style yang bisa anda pilih, kami sudah menyiapkan beberapa tips yang bisa kamu lihat di laman Jual Leotard.

Memilih Ballet Tights

Banyak orang yang salah kaprah soal perlengkapan Ballet yang satu ini. Ballet Tights itu tidak sama dengan “stockings” yang anda pakai untuk ke kantor atau untuk acara tertentu. Yang biasa disebut sebagai “stockings” tidak bisa digunakan untuk Ballet karena terlalu tipis, mudah robek dan cepat melar. Warnanya pun tidak sesuai dengan standard Ballet yang benar.

Fungsi dari Ballet Tights itu adalah sebagai perlengkapan yang membantu memperjelas penampakan otot kaki pemakainya sehingga gerakan Ballet terlihat bertenaga, lincah tapi anggun (Ballerina sejati terlihat memiliki kaki yang kuat). Sebagai perlengkapan untuk Ballet, Tights juga berfungsi sebagai seragam.

Tipe Ballet Tights yang bisa anda pilih:

Perlengkapan-Ballet-Tights
  • Footed: menutupi seluruhnya mulai dari pinggang sampai ke ujung jari kaki
  • Footless: hanya menutupi dari pinggang sampai mata kaki
  • Convetible: seperti Footed tapi ada lubang di telapak kaki sehingga bisa dipakai seperti Footless 

Dari segi warna, Ballet Tights yang paling umum dipakai adalah warna “Ballet Pink”. Selain itu (tergantung kebutuhan) masih ada pilihan warna White, Black, Nude, Tan/Beige

Setelah mengetahui fungsi, tipe dan warna Ballet Tights, maka anda bisa memilih yang mana yang cocok untuk anda.

Ada banyak brand (merk) Ballet Tights yang bisa anda pilih, tapi pilihlah yang benar-benar pas dengan pinggang dan kaki. Pilih yang terasa nyaman (pas), tidak terasa ketat atau longgar.

Ballet tights harus bennr-benar elastis, tidak membuat gerakan kaki jadi kaku. Kalau terlihat ada bagian yang berkerut atau kendor, berarti Ballet Tights tersebut terlalu besar. Dan apabila terlihat terlalu tembus pandang (warna asli kulit anda hampir terlihat), maka kemungkinan Ballet Tights tersebut ukurannya terlalu kecil atau bahannya terlalu tipis.  

Memilih Ballet Shoes

Shoes adalah perlengkapan yang wajib dipakai saat berlatih atau pun pertunjukan Ballet. Pilihlah Ballet Shoes yang sesuai dengan tingkat keahlian anda

Perlengkapan-Ballet-Shoes
  • Full Sole: Terbuat dari bahan canvas atau kulit. Memiliki sol dari bahan kulit yang menutup seluruh telapak kaki. Biasanya digunakan oleh pemula karena memberikan stabilitas dan membantu membangun kekuatan kaki. 
  • Split Sole: Terbuat dari bahan canvas atau kulit, bentuknya mirip Full Sole. Perbedaannya adalah Split sole memiliki 2 bagian sol terpisah sehingga pemakainya bisa lebih leluasa menekuk telapak kaki. Biasanya digunakan oleh Ballerina tingkat menengah atau yang lebih berpengalaman. Banyak Ballerina menggunakan Split Sole untuk kompetisi dan ujian kenaikan tingkat.    
  • Demi-Pointe: digunakan sebagai transisi antara Soft Shoes (Full dan Split Soles) dengan Pointe Shoes. Sepatu ini membantu membangun kekuatan dan fleksibilitas kaki pemakainya sampai nanti siap untuk menggunakan Pointe Shoes. Tidak banyak yang menggunakan sepatu ini di Indonesia.
  • Point Shoes: hanya dipakai oleh Ballerina tingkat mahir yang sudah latihan bertahun-tahun. Sepatu ini memungkinkan pemakainya untuk berdiri di atas ujung jari kaki karena memiliki ujung yang rata dan keras.

Dalam memilih Ballet Shoes, jangan pernah menggunakan ukuran sepatu biasa sebagai patokan. Biasanya Ballet shoes memiliki ukuran lebih kecil daripada sepatu biasa. Gunakanlah ukuran panjang dan lebar dalam satuan centimeter; jangan dikurangi dan jangan ditambahi.

Yang diukur adalah

  • panjang telapak kaki dari ujung tumit sampai ujung jempol kaki 
  • lebar telapak kaki pada bagian paling lebar
  • lingkar telapak kaki (untuk memilih Pointe Shoes)

Cara menentukan ukuran Ballet Shoes selengkapnya bisa anda lihat pada website Grishko.

Memilih Ballet Skirt

perlengkapan-ballet-skirt

Skirt (rok) adalah perlengkapan yang berfungsi meningkatkan stabilitas pemakainya ketika sedang melakukan gerakan-gerakan Ballet yang sulit. Ballet skirt juga memiliki fungsi estetika, yaitu membuat efek visual dari gerakan pemakainya sehingga tampak anggun dan bergerak ringan bahkan seperti melayang.

Secara umum, Ballet Skirt dikategorikan sebagai berikut

  • Chiffon Skirt
  • Romantic Tutu
  • Basic Tutu (disebut juga Pancake Tutu)
  • Lain-lain

Tips memilih Ballet Skirt:

  • Gunakan ukuran badan yang benar. Biasanya anda bisa menggunakan ukuran yang sama dengan ukuran leotard yang anda pakai
  • Untuk Basic Tutu, sebaiknya pilih yang tidak pakai kawat. Basic Tutu yang pakai kawat biasanya hanya dipakai oleh Ballerina professional dan sulit untuk dibawa ke mana-mana (harus pakai tas khusus yang ukurannya besar sekali)
  • Sesuaikan panjang Chiffon skirt dengan bentuk tubuh anda. Bila bentuk tubuh anda rata dari atas ke bawah, maka pilihlah skirt yang pendek untuk menampilkan kesan kaki yang panjang. Anda yang memiliki pinggul kecil juga disarankan untuk memilih skirt yang pendek. Sebaliknya, untuk pinggul lebar sebaiknya menggunakan skirt dengan bentuk potongan seperti huruf A (A Line skirt). Bila anda memiliki bentuk tubuh “Hour Glass” (bagian atas dan bawah besar, bagian pinggang kecil), maka segala bentuk Chiffon Skirt akan cocok untuk anda.

Memilih Performance Costume

perlengkapan-ballet-performance-costume

Segala sesuatu harus tampak sempurna pada saat performance (pertunjukan). Salah satu komponen paling penting dalam membuat pertunjukan menjadi sempurna adalah costume (kostum) yang digunakan.

Performance costume yang sempurna adalah:

  • Sesuai dengan karakter/tokoh yang ditampilkan. Misalnya bila yang ditampilkan adalah tokoh “peasant” (rakyat jelata), maka kostum yang tepat menggunakan style “Romantic Tutu” pada bagian rok-nya, bukan Basic Tutu. Kostum peasant juga tidak seharusnya menggunakan hiasan yang berkilau-kilauan
  • Menggunakan ukuran yang benar-benar pas dengan pemakainya. Kostum tersebut tidak boleh tampak terlalu besar atau terlalu longgar pada bagian paha dan ketiak

Karena performance costume adalah perlengkapan yang (biasanya) paling mahal, maka sebaiknya anda teliti sebelum membeli.

Kami sangat menyarankan agar anda berkonsultasi dulu dengan koregrafer atau guru di tempat Kursus Ballet anda sebelum menentukan pilihan. Setelah itu anda bisa cari referensi kostum dari internet dan tentukan juga berapa anggaran maksimal yang sanggup anda keluarkan untuk membuat kostum seperti itu.

error: Content is protected !!
Scroll to Top